5 Macam Tes Untuk Kanker leher Rahim

Sekarang kanker serviks atau biasa disebut dengan kanker leher rahim sangat menakutkan para wanita muda maupun ibu-ibu. Gejala-gejala kanker serviks sangat jarang kita ketahui. Untuk mengetahui kanker leher rahim dapat dilakukan dengan serangkaian tes penapisan.

Tes Untuk Kanker leher Rahim
Tes Untuk Kanker leher Rahim

Tahukah anda bahwa ada 5 macam tes penapisan untuk mengetahui kanker leher rahim itu.

Apa sajakah tes untuk mengetahui kanker leher rahim.

Berikut uraian singkatnya.

HPV

Menggunakan teknik pemeriksaan molekuler, DNA yang terkait dengan HPV di uji dari sebuah contoh sel yang diambil dari leher rahim atau liang senggama.

Pap/Pap Smear

Pemeriksaan sitoslogis dari apusan sel-sel yang diambil dari leher rahim. Slide diperiksa oleh teknisi sitologi atau dokter ahli patologi untuk melihat perubahan sel yang mengindikasikan terjadinya inflamasi, dysplasia atau kanker.

IVA

Pemeriksaan inspeksi visual dengan mata telanjang ( tanpa pembessaran 0 seluruh permukaan leher rahim dengan bantuan asam asetat/cuka yang diencerkan.

Servikografi

Kamera khusus digunakan untuk memfoto leher rahim. Filem dicetak dan foto diinterpretasi oleh petugas terlatih. Pemeriksaan ini digunakan sebagai tambahan IVA, tetapi dapat juga sebagai metode penapisan primer.

Kolposkopi

Pemeriksaan visual bertenaga tinggi ( pembesaran ) untuk melihat leher rahim, bagian luar anal bagian dalam leher rahim. Biasanya disertai biopsy jaringan ikat yang tampak abnormal. Terutama digunakan untuk mendiagnosa.

Mungkin sobat sehat punya pendapat lain ? saya harap dapat berbagi.

You May Also Like

About the Author: admin

Comments are closed.