Badan Masih Bau Walau Sudah Mandi, Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

0
2

Bau badan ini merupakan permasalahan banyak orang Indonesia dan juga di seluruh dunia.Permasalahan ini mulai dialami oleh mereka-mereka yang sudah memasuki usia remaja, dewasa dan bahkan sampai usia lanjut usia. Dimulai dari usia remaja karena saat usia remaja terjadi perubahan hormon androgen yang mulai meningkat.


Jadi saat hormon androgen meningkat itu terjadi peningkatan aktivitas dari kelenjar keringat. Keringat yang bertemu dengan bakteri ( kuman ) ini akan menghasilkan bau. Sebelum saya bahas apa penyebab bau badan kita bahas lima bagian di seluruh tubuh anda yang rentan mengalami bau badan.

5  Bagian tubuh manusia yang rentan mengalami bau badan :   

1. Di Rambut Kepala

Bagi mereka-mereka yang beraktivitas di luar rumah, di ruangan yang panas, di lapangan atau mereka yang sering menggunakan topi. ini cenderung untuk mengalami keringat keringat ini akan bertemu dengan bakteri sehingga terjadilah bau di kepala. Anda boleh mengatasinya dengan menggunakan shampo saat keramas setiap hari dan jangan lupa setelah selesai keramas Anda harus keringkan, Jangan dibiarkan basah begitu saja.

2. di rongga mulut 

Di rongga mulut ini terdapat gigi dan saat kita makan biasanya kan nyangkut di sela-sela gigi kita terutama makanan-makanan yang baunya tajam contohnya durian, pete, jengkol dan apapun itu yang baunya tajam sebaiknya anda sikat gigi dulu atau boleh berkumur dengan mouthwash. Nah bau mulut Selain faktor tadi ada faktor yang lain contohnya saat Anda sakit infeksi tenggorokan karena bakteri itu juga bisa menimbulkan bau mulut.

3. Di bagian Ketiak

Ketiak ini merupakan bagian tubuh yang istilahnya lipatan. Organ tubuh bagian lipatan ini cenderung mudah untuk berkeringat dan berkumpul di sana,  keringat bercampur dengan bakteri akan menghasilkan bau.

4. Selangkangan 

Sama halnya seperti ketiak merupakan lipatan caranya gimana Anda memilih bahan atau pakaian atau underwear ( pakaian dalam )  yang berbahan katun dengan menggunakan bahan katun bau ini dapat diminimalisir.

5.  Kaki

kaki pada pria dewasa  itu bisa mengeluarkan keringat hingga 1 liter dan anda bisa bayangkan jika anda seorang pria dari pagi keluar rumah jam 6 pagi menggunakan sepatu tertutup pulang malam anda tidak membawa kaos kaki untuk ganti tentu saja itu akan sangat bau dan sangat basah. Apalagi anda bekerja di lapangan cuaca sangat panas. Saran saya Anda harus membawa kaos kaki lebih dan saat sudah basah anak boleh menggantinya dan Pilihlah kaos kaki yang berbahan katun.

Selanjutnya saya akan membahas Apa penyebab Bau badan mungkin banyak orang yang bertanya  seperti ini

saya sudah mandi bersih, sudah sikat gigi bersih, sesudah sampo, sesudah keramas, sudah menggunakan deodorant antiperspirant. Tapi kenapa kok badan saya masih bau…? “.

Oke jangan khawatir saya akan memberikan beberapa penyebab kenapa kok badan tetap bau walaupun sudah mandi dengan bersih.

1. Faktor makanan anda dan apa yang anda konsumsi 

a. Rempah-Rempah

Jadi orang-orang yang suka makan rempah-rempah dalam jumlah berlebihan badan Mereka cenderung menghasilkan gas sulfur yang akan dikeluarkan akan dieliminasi oleh paru-paru dan kulit tentu saja jika dieliminasi oleh paru-paru Saat bernapas akan muncul bau nya dan di kulit saat Anda berkeringat akan muncul juga baunya.

b. daging merah 

daging merah itu proses pencernaannya agak lama dan saat proses pencernaan itu akan menghasilkan toksin akan menghasilkan gas juga nah jadi Bagi anda yang suka makan daging merah berlebihan tanpa diimbangi dengan makan sayuran  tanpa diimbangi dengan buah-buahan badan Anda akan cenderung lebih bau dibandingkan mereka yang makan makanan mentah atau raw food atau di sebut juga vegetarian.

c. Alkohol

Orang-orang yang habis minum alkohol tanpa berbicara pun Anda di sampingnya pasti kecium bau alkohol.

d. Makan-makanan Oahan atau Junk food 

Dalam jangka panjang makan-makanan ini akan mengganggu pencernaan anda. Jika pencernaan anda tidak baik itu juga akan menghasilkan bau pada mulut Anda.

e. Merokok 

Seorang yang merokok akan menyimpan bau di badannya itu dalam jangka waktu lama bahkan saat dia berhenti merokok pun bau dibadannya tetap ada selama berminggu-minggu.

2. Faktor Penyakit

a. Diabetes

b. Sakit maag 

c. Gastritis

d. Penyakit liver ( sakit hati )  

e. Mereka yang mengalami masalah pencernaan cenderung untuk bau di mulut 

Semoga sharing singkat dari saya ini dapat anda mengerti dan saya doakan agar tetap sehat selalu,  jaga pola makan Anda dan kalau bisa jaga juga bercanda tentu saja karena orang-orang akan senang dengan anda jika anda bersih dan wangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here