Kenali 4 Jenis Bakteri dan Faktor Penyebab Diare

Pada Postingan kali ini kita akan membahas tentang apa saja Jenis Bakteri dan Faktor Penyebab Diare.

Apa Itu Diare

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar atau BAB lebih dari 3 kali dalam sehari dengan disertai buang air besarnya ini sangat lembek atau cair. Diare ini juga merupakan salah satu gejala dari penyakit pada saluran pencernaan Anda atau diluar saluran pencernaan.

Kenali 4 Jenis Bakteri dan Faktor Penyebab Diare
Kenali 4 Jenis Bakteri dan Faktor Penyebab Diare

Penyebab Diare bermacam-macam yaitu :

1. Faktor infeksi terbagi menjadi dua jensi yaitu :

  • Infeksi Enteral : Infeksi yang disebabkan oleh bakteri oleh virus oleh jamur dan parasit.
  • Infeksi parenteral : Disebabkan oleh penyakit lain, contohnya pilek.

2. Faktor Malabsorbsi

Malabsorpsi terjadi karena tubuh seseorang atau tubuh kita tidak mampu mencerna dan menyerap makanan, Contoh paling banyak kasus yaitu intoleransi laktosa.

3. Faktor psikologis

Stress yang berlebihan bisa membuat pencernaan anda terganggu dan pada beberapa orang bisa menyebabkan diare sampai diare makan sampai terasa perut yg melilit pernah bahas sebelumnya yaitu Bahaya Stress Yang Berlebihan Pada Kesehatan. Anda boleh baca artikelnya di sini.

Itu tadi beberapa faktor penyebab diare sekarang saya akan bahas 4 jenis bakteri yang menyebabkan diare.

Jenis bakteri Penyebab Diare

1. Bakteri E.Coli

Orang Indonesia menyebutnya ecoli sebenarnya adalah bakteri yang terdapat di dalam saluran pencernaan kita. Selain bakteri ini bukan bakteri yang jahat tapi beberapa jenis bakteri ini akan akan menghasilkan racun dan dari racun tersebut akan menyebabkan diare dan juga beberapa penyakit lain seperti infeksi saluran kemih.

Penyebaran dari bakteri ini bisa melalui antara hubungan antara manusia misalnya berjabat tangan bersentuhan apalagi kalau lupa cuci tangan. selain itu juga bakteri ini bisa menyebar melalui daging yang masih mentah.

2 .Bakteri Salmonella Enterica

Bakteri Salmonella Enterica ini banyak terdapat pada daging mentah dan kotoran binatang peliharaan contohnya Hamster. Karena banyak terdapat pada daging mentah dan bakteri ini biasanya mati pada pemanasan suhu yang tinggi.

3. Bakteri Campylobacter Jejuni

Bakteri yang satu ini tidak seperti Bakteri E.Coli yang dapat menyebar melalui sentuhan tangan soalnya bakteri ini dapat menyebar melalui air, biasanya infeksi bakteri ini tergolong ringan dan walaupun tergolong ringan cukup fatal terhadap anak-anak yang punya imun rendah.

Bagi beberapa orang bakteri ini tidak menyebabkan diare tapi beberapa orang atau anak yang sistem kekebalan tubuhnya menurun dapat menyebabkan diare juga dan bahkan bisa fatal.

4. Bakteri Sigella

Bakteri ini dapat menyebar melalui air atau makanan yang terkontaminasi, jadi bakteri ini akan menghasilkan racun yang akan menginfeksi usus. Biasanya orang yang diare karena bakteri sigella ini diarenya akan disertai dengan darah. Untuk anda yang sering makan di luar atau makan di warung anda harus lebih berhati-hati.

Jadi dengan adanya informasi ini mungkin anda bisa share ke teman-teman anda terutama mereka mereka yang suka makan di warung dan tidak mengetahui dengan baik apakah ini bersih atau tidak.

Oke semoga informasi ini dapat anda mengerti ya dapat dapat menambah wawasan sobatsehat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *